Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

Nasib TKI di Malaysia di Debat Enam Caleg Indonesia

Posted by kluwan pada 27 Januari 2009

Ramdhan Muhaimin – detikNews
Malaysia – Masalah TKI selalu menjadi persoalan yang paling krusial dalam hubungan bilateral antara pemerintah RI dan Malaysia. Enam caleg yang bertarung di dapil DKI Jakarta 2 pun tidak ketinggalan saling berlomba berkampanye menjadi ‘pembela’ TKI.

“Acara ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Malaysia oleh mahasiswa. Enam caleg dari Dapil DKI Jakarta 2 berkampanye politik bersama memaparkan visi misi mereka, lalu dibedah oleh panelis ahli dan dicecar pertanyaan dari masyarakat. Terakhir, mereka diikat dalam kontrak politik,” ujar Ketua Umum Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia Irfan Syauqi Beik dalam Bedah Caleg Dapil DKI Jakarta 2.

Bedah caleg yang bertemakan ‘Menjaga Amanah WNI di Malaysia’ itu digelar di KBRI Kuala Lumpur, Jalan Tun Razak, Malaysia, Selasa (27/1/2009).

Keenam caleg tersebut adalah Mohamad Sohibul Iman (PKS), Ade Daud Nasution (PAN), Jerry AK Sambuaga (Golkar), Wawan Syakir Darmawan (Partai Demokrat), Zainul Abidin (Partai Hanura), dan Magfhur Machrodji (PKB).

Sedangkan penelis ahli antara lain Pengamat Politik UI Muhammad Ali Berawi, Akademisi M Shobri Abdul Madjid, dan Presiden Union Migrant (UNIMIG) Indonesia Muhammad Iqbal.

Wakil Dubes Tatang B Razaq mengatakan, hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia masih menghadapi masalah yang krusial, terutama mengenai TKI.

“Ini sudah menjadi tugas wajib pemerintah untuk menyelesaikan, termasuk tugas di legislatif,” cetusnya.

Dia mencontohkan, keputusan Malaysia untuk mem-PHK-kan 200 ribu tenaga kerja asing secara bertahap terkait krisis global, 40 ribu diantaranya merupakan TKI. Hingga saat ini, lanjut dia, sudah ribuan TKI yang di PHK dan ditangani oleh KBRI Kuala Lumpur. Sebagian besar dari mereka yang di-PHK tidak boleh pulang, tapi dikenakan biaya pinalti dan pajak oleh outsourcing.

“PHK kebanyakan di wilayah semenanjung. Saya sudah laporkan ke Jakarta. Karena itu saya minta para caleg juga dapat membantu melalui legislasi jika berhasil masuk parlemen dengan membuat peraturan yang memudahkan TKI. pemerintah juga harus melobi Malaysia, apalagi nanti ada pergantian kepemimpinan di Malaysia pada bulan Maret,” jelas Tatang.

Pada kesempatan itu, Menurut Caleg PKS Shohibul Iman, selain upaya diplomasi Government to Government antara pemerintah RI dan Malaysia, upaya lain harus dilakukan seperti Party to Party dan People to People untuk meningkatkan kualitas diplomasi.

“Misalnya, perwakilan-perwakilan partai yang ada di sini, dapat melakukan lobi dengan partai pamerintah di Malaysia. Sehingga hasilnya dapat di follow up di tingkat legislatif di Indonesia,” tutur Iman.

Selain komitmen pembelaan terhadap TKI, keenam caleg tersebut juga banyak memaparkan visi mereka mengenai masalah terminal 3 TKI di Bandara Soekarno Hatta, hubungan Indonesia-Malaysia, dan korupsi di parlemen.

Acara tersebut diakhiri dengan kontrak politik bersama mengenai komitmen berpihak dan peduli pada persoalan WNI di Malaysia yang disaksikan para pejabat KBRI Kuala Lumpur dan 300-an WNI yang hadir. (rmd/fiq)

About these ads

4 Tanggapan to “Nasib TKI di Malaysia di Debat Enam Caleg Indonesia”

  1. Tok tok tok,
    Assalamu’alaikum…

    Mampir bentar kesini, kegiatan pagi hari :mrgreen:
    Memang permasalahan ini bukan cuma masalah si TKI itu, tapi ini adalah masalah pemerintah dan kita semua sebagai warga Indonesia Tercinta ini.
    Skalian ngasih tau kalo Blog ini ãñÐrî link di halaman Sobat?

    nice post, keep share & CU Arround ;)
    Wassalam…

  2. al-basri said

    Inilah masalah yang sulit sekali untuk dibicarakan, karna banyak pihak suka ambil kesempatan terhadap TKI. pihak berwajib juga sering tidak jujur dalam menangani masalah ini, semuanya kerana mereka dibayar untuk menutup mulut. dan selebihnya ialah sikap sesetengah orang malaysia yang suka berjanji kosong… kesal juga pada agen-agen yang menjual TKI tanpa berperikemanusian.

    DIRGAHAYU INDONESIA..

  3. saya berharap pemerintah lebih memikirkan nasib” TKI di malaysia.

  4. anto said

    aslam benar pemerintah kita kurang bergerak menangani tentang keberngkatan tki kita .banyak tki kita dilantarkan bahkan banyak juga tki kita ilegal macam mana itu .kita malu8 dunia tau bahwa negara kita mempunyai sosial dan adat beragama masih ada suap menyuap soal menangani tki.coba kebayangkan kasian saudara kiata .anak cucu kita .kitas udah saling bermusuahan dengan malaysia saling aadu domba . bahkan negara kita dianggap jablai gila kan .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: