Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

Berita dari kota suci mekah ksa.

Posted by kluwan pada 29 September 2008

 

Di Hari Senin Tgl, 29 September 2008 m, juga bertepatan tgl, 29 Romadhon 1429 h. Semalam di masjidil Harom Sholat Therawih ( tgl 28 malam tgl 29 ) sangat penuh sesak karena pembacaan ayat suci al – Qur’an telah selesai / Khatam. Kemacetan yang setiap hari terlihat disekitar masjid semakin parah. Karena banyaknya yang sholat therawih sehingga sholat di jalan, di terowongan semua di lakukan sehingga lalu lintas sangat terganggu. Walaupun puluhan ribu personil keamanan/polisi dikerahkan, tapi semua tetap  tidak bisa mengatasi lalu lintas yang macet.

   Menurut khabar hari lebaran diperkirakan jatuh pada hari SELASA atau RABU. Jemaah Umroh dari Mesir,Yordan,Iran,Turki DLL mulai pulang. Terlihat setiap hari antrean Bus-bus yang mengangkut jemaah umroh mulai mengantarkan kepulangan mereka. Yang lebih membuat suasana semakin macet bisa dilihat di setiap shuk/pasar. Rata-rata semua orang saudi keluar berbelanja untuk pakaian,makanan atau alat-alat rumah tangga,karpet dll untuk menyambut hari lebaran idul fitri.

   Terlihat Gang-gang mulai di pasang bendera,spanduk,iklan dan lain-lain untuk menyambut hari lebaran. Semua itu tidak satupun yang membayar(pajak) baik spanduk yang berisikan iklan. Pasar di kota Mekkah hanya sedikit. Lebih banyak kota Jeddah yang dimana sekarang berlomba-lomba didirikan pasar swalayan yang megah-megah.

   Suasana Jema’ah Umroh pun menjelang H-2 semakin meningkat. Penuh sesak yang melakukan Thowaf dan Sa’i. Walaupun di tempat Sa’i ada perubahan besar. Bertambah satu tingkat dan di perluas sekaligus diperindah. Hotel-hotel disekitar Masjid Harom sudah banyak yang rata dengan tanah. Hotel yang megah terbesar dan tertinggi kelihatan sudah mulai bisa ditempati.

   Tradisi Lebaran Idhul Fitri di Arab Saudi sangat mengesankan. Di hari lebaran Idhul Fitri para penduduk Arab rata-rata :

pertama yang dilakukan sholat Ied di Masjid.

 Kedua bagi suami-istri saling berpelukan meminta maaf.

Ketiga berkumpul anak,istri,orang tua dan saudara-saudara.

Ke empat acara menyembelih Kambing untuk makan bersama pasti tidak ketinggalan.

Ke lima keluar berputar – putar mencari teman-temannya pakai mobil yang mewah-mewah.

Ke enam bagi keluarga kaya membagikan hadiah adalah hal yang menyenangkan sanak famili dll.

   

Perlu diketahui para wanita / perempuan menjelang hari lebaran mereka semua berlomba-lomba merias diri,bersolek,merawat kulit,rambut dll untuk mempercantik diri demi sang suami mereka. Itu tradisi yang dikategorikan sunnah Rossululloh. Membuat bahagia sang suami di hari yang suci / fitroh.

   Nah bagaimana tradisi lebaran di desa Kluwan? apakah sudah ada kemajuan? Kemarin di hubungi kontributor mengatakan biasa saja mas seperti tahun-tahun lalu.tidak ada yang menonjol.Seperti biasa nuansa anak kecil yang berlari-lari mencoba baju baru mereka.Mercon sudah tidak ada.Banyaknya para Pemudik dari Jakarta menjelang lebaran setiap hari selesai sholat ashar banyak yang ke luwur( Maqom / Kuburan ) membersihkan luwur sekaligus mengirim Do’a pada keluarga yang sudah mendahului ( Wafat ).

2 Tanggapan to “Berita dari kota suci mekah ksa.”

  1. Condro_jowo said

    Kuto mekah dipadak aké ndeso kluwan yo jauh kang…Tapi menarik kang beritané.maju terus kang,buat artikel yang heboh.salut buat kang edy…slm kenal dariku arek malang.

  2. sy alhamdulillah pas di sana. kok ga ketemu njenengan mas edy?
    sy ada dosen dan kluwan penawangan namanya pak kh syaroni . mas edy kenal?

    sukses selalu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: