Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

LEBARAN DI ARAB SAUDI hari selasa 30 september 2008 M.

Posted by kluwan pada 29 September 2008

SELAMAT HARI RAYA

SELAMAT HARI RAYA

ROMADHON KARIM

ROMADHON KARIM

Hari Senin tanggal 29 September 2008 m, di Arab Saudi malamnya sudah tidak ada pelaksanaan sholat therawih. Sehabis berbuka puasa stasiun televisi Kerajaan Arab Saudi menyiarkan pengumuman bahwa hari raya idhul fitri jatuh pada hari SELASA tanggal 30 september 2008 m. Jadi puasa di Arab hanya berjalan 29 hari. Hal ini terjadi sama persis tahun 2007 m. Di saat pengumuman di tayangkan di televisi di bagian daerah di Mekkah seperti di Seraya, Muasim, Aziziah turun hujan. Suasana musim panas suhu yang begitu tinggi menjadi turun dratis. Ini suatu pertanda pergantian musim panas menuju ke musim dingin. Sehabis sholat magrib jalanan masih tampak sepi…menjelang sholat isya jalanan kembali penuh. Puncak kepadatan lalu lintas akan terjadi pada saat menjelang sholat subhuh dan sholat idhul fitri di masjidil harom mekkah al mukarromah. Selamat datang lebaran, Marhaban ya ied mubarrok…Bila ada kesalahan dan kata-kata yang tidak berkenan dihati visitor, penulis mengucapkan Minnal aidhin Wal Faizin…Mohon maaf lahir dan bathin…

( Ada cerita unik dari Arab Saudi : Seperti adat / tradisi menjelang sholat idhul fitri semua mobil di arab saudi di cuci bersih. Bahkan ada yang membeli mobil baru masih bungkusan plastik dipakai selama satu tahun di cucinya cuma sekali yaitu di hari idhul fitri…)

( Acara lebaran yang tidak ketinggalan di arab saudi yaitu potong kambing bersama setiap keluarga. Minimal potong 3 ekor kambing dan mendirikan kemah-kemah entah itu di depan/samping/belakang rumah.Bisakah kita meniru?)

( Acara membayar Zakat atau acara bagi-bagi hadiah orang – orang Arab tidak susah. Mereka keliling pakai mobil, di setiap pertokoan di sediakan jual beras dan juga disetiap pertokoan sudah siap penerima zakat yaitu para warga negara afrika / kulit hitam yang kehidupannya sangat minus di arab.)

7 Tanggapan to “LEBARAN DI ARAB SAUDI hari selasa 30 september 2008 M.”

  1. paijo said

    memang kebanyakan orang muslim sangat ingin sekali bisa sholat ied di masjid haram,seperti kebanyakan orang2 yang berduit mereka menghabiskan satu bulan puasa penuh di kota mekkah

  2. Itu namanya cari pahala mas….sedekah di tanah Harom kan pahalanya berlipat ganda dari alloh swt…berebut cari pahala di tanah harom mekah, ( lupa gaji pembantu dan sopirnya )…sabar ya…?

  3. baguscokie said

    Kalau lg lebaran, bulan itu muternya dr barat ke timur kali ya…
    Terbukti arab/timteng duluan lebarannya.
    Harusnya khan kita dulu ya kang..

  4. mas baguscokie … takutnya saya bumi ini malas berputar… saya takut tahun depan bulannya muncul dari atas ke bawah … he,he,he … maaf bercanda. Yah itulah kenyataannya mas bagus … menurut logika lebaran itu ya yang timur dulu. Tetapi ternyata malahan sebaliknya yang bumi bagian barat duluan … maaf kalau di timur tengah lebarannya semua serentak bersamaan/bareng…(kalau lebaran kompak, tapi kalau perang … diem itu emas kata mereka … ha,ha,ha…)Almuhim/pokoknya saya berterima kasih sama mas bagus atas komentarnya…Minnal aidhin Wal Faizin ya mas mohon maaf lahir dan batin…

  5. Musrifah said

    Apa enaknya lebaran di mekkah ksa mas…tks…tolong dijawab / bales ke alamat e-mailku saja.

  6. sudah saya balas mbak….

  7. Condro_jowo said

    Lebaran telah berlalu…mari kita merenung sejenak…apakah kita siap membenahi diri untuk hari2 yang akan datang?(ambil apa hikmah hari lebaran).sukron!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: