Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

Cerita tentang derita TKW di Timur Tengah by: Paijo.

Posted by kluwan pada 2 Oktober 2008

   Pada dasarnya tenaga kerja Indonesia sangat membantu pemasukan devisa negara. Sehingga ada kata-kata pepatah Guru pahlawan tanpa tanda jasa, TKI pahlawan Devisa. Tapi pada kenyataannya para tenaga kerja yang dikirim ke negara timur tengah banyak sekali suka dan dukanya. Disini penulis akan bercerita sedikit cerita tentang pengalaman yang ada di negara timur tengah. Dari sekian banyaknya Tki ada yang nasibnya baik yaitu mendapat majikan yang baik. Tetapi ada juga nasib Tki yang nasibnya kurang baik karena mendapat majikan brengsek. Pada suatu ketika ada seorang Tkw yang berjalan tergesa-gesa dengan memakai abaya hitam yang lusuh.(abaya adalah pakaian hitam khusus wanita di Timur Tengah…khususnya di arab saudi). Dengan berlinang air mata Tkw itu melangkahkan kaki tanpa tujuan. Tkw itu sedih karena memikirkan bagaimana nasibnya yang jauh dari sanak saudara dan Tkw itu kabur dari majikannya karena baru saja majikannya berusaha mengajaknya tidur. Bahkan isak Tkw itu semakin mengeras ketika dia ingat majikannya sudah telanjang bulat dan berusaha untuk memeluknya. Tkw itu merasa bersyukur bisa terhindar dari perbuatan yang tidak senonoh itu. Dia masih punya iman yang kuat sehingga berusaha lari lewat pagar yang tinggi. Dijalan dia bingung karena tidak tahu harus kemana. Banyak mobil yang berhenti menawarkan jasa mau mengantar atau dibilang taxi. Tkw itu semakin takut karena sopir taxi rata-rata dari Pakistan, India dan Bangladesh. Sambil berdoa akhirnya ada seorang sopir dari Indonesia yang berusaha menolong walaupun sopir itupun takut karena bila ketahuan resikonya dipenjara dan dipulangkan. Tkw akhirnya bisa menarik nafas lega karena ada yang menolong apalagi sesama negara sendiri. Tkw itu dibawa kekamar sopir satu hari,dua hari mulailah petaka terjadi lagi. Sang sopir mulai merayu mengajak tidur bersama. Tkw bingung sekali kalau tidak dilayani dia hutang budi juga kalau dilayani namanya zina dia berpikir lolos dari singa masuk perangkap harimau. Akhirnya Tkw itupun kabur lagi mencari perlindungan. Kemana? Lari dia ke penampungan yang penting dia selamat dari zina. Dipenampungan dia minta tolong yang bertanggung jawab supaya mencarikan kerja. Selamatlah Tkw itu. Dengan rajin dia kerja tanpa kenal lelah. Lain lagi cerita Tkw yang kabur ditolong orang bangladesh,pakistan atau india di rayu dibeliin baju dan hp yang bagus ada yang langsung mau di nikah atau kumpul kebo. Termasuk balas budi pak…karena saya di tolong dia. Tapi Tkw itu tidak berpikir dosa atau dia hamil melahirkan mau di bawa kemana anak yang masih suci itu? Yang lebih ngeri ada sebagian Tkw di indonesianya punya suami dan anak. Mereka mengaku janda…mengaku gadis…iman mereka kemana? apa karena terpaksa yang penting selamat?dapat uang?atau mencari kepuasan?…Allohuallam.

   Lebih mengerikan lagi dipenampungan mereka joget-joget mencoba melupakan penderitaan mereka. Melihat cowok ganteng lansung mau menikah. Caranya bagaimana? mereka mengundang orang yang bisa menikahkan kata mereka yang penting resmi agama. Tentang ijin wali/orang tua bagaimana? mereka tidak peduli. Ada lagi yang malas bekerja Tkw-tkw yang kabur mencari suami orang-orang kaya yang mau membayar mahar berupa uang. Setelah bosan mereka mencari gantinya. Jadi mereka dapat uang dari uang mahar. Kalau di tanya puaskah kamu? mereka menjawab bukan urusanmu yang penting aku bisa kirim uang untuk keluargaku…
   Derita mereka derita batin yang mendapat majikan yang jahat. Ada Tkw yang rajin tapi gajinya tidak lancar. Yaitu setiap minta gaji jawab majikan nanti. Ada yang setahun tidak dibayar dls. Tapi pemerintah mulai 4 tahun yang lalu mengeluarkan kebijaksanaan bagi majikan yang nakal masalah gaji dihukum. Cerita yang aneh, kadang majikan perempuan baik tapi majikan laki yang jahat. Demikian sebaliknya. Ada majikan laki yang baik, majikan yang perempuan yang jahat. Suka teriak,membentak  bahkan kadang ambil setrika panas di arahkan ke tubuh Tkw. Sebabnya kadang kala unsur cemburu.
   Bagaimana tindakan kantor cabang TKI yang ada? mereka rata-rata 90% membela majikan daripada membela Tkw karena mereka dapat uang. Pemerintah Indonesia dengan KBRI? kita tidak bisa menyalahkan KBRI karena mengurusi ratusan ribu TKI tidaklah mudah. Mereka juga tidak bisa bergerak leluasa karena terbentur faktor hukum negara yang ada di timur tengah. Negoisasi selalu diterapkan tetapi pihak indonesia selalu kalah.
   Yang terbaik bisa dilakukan adalah menambahkan iman yang kuat, niat kerja yang benar dan Tki harus di beri tahu cara kerja yang benar, adat negara, sifat-sifat orang timur tengah bagaimana dan juga dilarang keras untuk kabur. Lebih baik bicara jujur atau melapor ke kantor polisi. Bila semua sulit dilakukan berdo’a meminta pertolongan Alloh swt. Majikan yang nakal sebenarnya bisa menilai karakter TKW. Bila tkw itu rajin bekerja dan rajin beribadah mereka tidak akan berani mengganggu. Jika mereka tetap mengganggu jangan dilayani sekalipun. Mereka / majikan akan malu karena tidak di respon. Tkw di usahakan bila ada waktu kosong untuk mengaji. Pakai pakaian yang sopan dan tertutup. Bila masih ada gangguan laporkan ke majikan laki atau perempuan. Saya percaya tidak semua majikan jahat pasti ada salah satu yang baik hatinya.
   Cerita diatas mencerminkan pilihan antara dosa dan pahala. Jika kita membuat orang bahagia dijalan alloh swt kita akan dapat pahala. Jika membuat orang rugi kita berdosa. Tidak ada TKI yang tidak menderita. Semua pasti menderita batin karena banyak alasan. Rata-rata TKI bekerja ke luar negeri karena problem atau masalah. Baik masalah Ekonomi ataupun masalah rumah tangga.
   Marilah kita renungi nasib pahlawan Devisa bukannya malah TKI dilecehkan atau diperas pada saat mereka kembali ke tanah air. Hargailah mereka….
Mohon maaf bila ada kesalahan kata…by : paijo al otoiby. Mekkah ksa . melawi.

7 Tanggapan to “Cerita tentang derita TKW di Timur Tengah by: Paijo.”

  1. tukino said

    susah ya cari kerja dan menjadi orang yang lemah, kekuatannya hanya doa tapi kadang banyak lupa, pulang ke tanah air juga sama jadi mangsa bahkan ada keluarga juga mendholiminya semoga tak lupa doa dan Alloh mengentaskannya.

  2. Amiiiinnnn…Terima kasih pak Haji hubungan kita bisa berlanjut di forum ini…salam buat pak Haji dan ibu Hajjah yang lain yang pernah Wukuf bersama di Padang Arafah…Sekali lagi Sukron kadirron…jazakumulloh khoir…
    ( Saya minta kiriman artikel yang menarik ya pak haji biar saya terbitkan disini. Kirim artikel tentang apa saja, misalnya menguak misteri jin islam,menguak sifat-sifat manusia yang sombong,sholeh atau kunci panjang umur dan lain-lain…tapi maaf pak haji itu kalau ada waktu kosong/tidak mengganggu aktivitas panjenengan…ooo nggih tahun puniko mudik mboten?)

  3. Amin ya robbal allamin…Alloh SWT berfirman “ut’uni asstajib lakkum”(memohonlah kepadaKu,Aku pasti memberimu)…ya memberinya ada syaratnya…apa syaratnya?sabar…Matur nuwun pak haji…salam kagem sedoyo ingkang sareng WUKUF di Padang Arafah.
    (Bila ada waktu kosong pak haji buat artikel kirim ke e-mail saya : taxiksa_grobogan@yahoo.com) Tentang apa saja yang mengandung misteri…sepindah malih matur sembah nuwun pak haji….

  4. Paijem said

    SUKA DAN DUKA TKW DI TIMUR – TENGAH
    Keberadaan para tkw / tki ditimur – tengah khususnya di arab saudi memang dalam tahap transisi ini berdasarkan dari data statistik atau artikel2 yang masuk ke BPN2TKI memang banyak mengungkap kasus-kasus kekerasan. Baru-baru ini muncul disebuah stasiun TV ada seorang tkw yang hamil 8nbulan karena diperkosa majikannya
    selain gaji yang tidak dibayarkan selama 7 bulan ia terpaksa dipulangkan oleh majikannya. Sebut saja namanya ‘bunga’,wanita asal jawa tengah ini mengaku tidak tahu harus melapor kemana dan yang lebih sedih lagi sesampai dikampung suaminya menceraikannya.
    dalam kasus ini pihak mana yang harus bertanggung jawab?dalam artikel sebelumnya telah saya uraikan bagaimana lambannya penanganan pemerintah khususnya KBRI atau kantor-kantor pewakilan dimana mereka dulu diberangkatkan,kewenangan atau kebijakan mereka lebih condong membela pihak arab saudi sendiri dibanding dengan pemerintah philipina pemerintah kita jauh lebih maju dalam hal ketenagakerjaanya,selain aturan pemerintah yang kuat sumber daya manusianya lebih unggul dari pada indonesia,mereka lebih berani dan mempunyai wawasan yang luas serta transparan sehingga pemerintah arab saudi sendiri tidak bisa bermain dibelakang layar. Oleh karena itu saya hanya bisa menghimbau kepada pemerintah khususnya mentri tenaga kerja walaupun kita tidak bisa seperti philipina setidaknya lebih memperhatikan nasib para TKI/TKW ditimur tengah…

  5. Ony suryono bywangi said

    Di dunia boleh menderita siapa tahu di akherat masuk surga…he,he,he hidup TKI.

  6. andi said

    Biadab memang bangsa arab….

  7. Kelemahan pemerintah kita yang tidak bisa memberikan lapangan pekerjaan di negri sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: