Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

Siaran TV Trans 7 ‘EMPAT MATA’ ditutup KPI.

Posted by kluwan pada 5 November 2008

stop

Siaran TV Trans 7 ‘EMPAT MATA’ ditutup KPI.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat akhirnya memutuskan untuk menghentikan program EMPAT MATA, yang ditayangkan hari Senin hingga Jumat Pukul 21.00 di Trans 7. Keputusan ini diambil setelah sebelumnya program yang dipandu oleh Tukul Arwana tersebut telah menerima teguran sebanyak 3 kali. Teguran sebelumnya dilayangkan pada tanggal 5 Mei 2007, 27 September 2007 serta 25 Agustus 2008. Namun berdasarkan pemantauan KPI Pusat pada program EMPAT MATA yang tayang pada 29 Oktober 2008, episode ‘Sumanto – Mantan Pemakan Mayat’, ditemukan adanya pelanggaran. Di salah satu adegan menampilkan seorang bintang tamu memakan hewan hidup-hidup.

Maka sesuai dengan Undang-undang Penyiaran, KPI memutuskan untuk menghentikan sementara program EMPAT MATA, mengingat adegan dalam program tersebut sangat tidak pantas dan melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3-SPS) yang ditetapkan KPI, yakni :

1. Pasal 28 ayat 3 yang berbunyi : lembaga penyiaran televisi dilarang menyajikan program dan promo program yang mengandung adegan di luar perikemanusiaan atau sadistis.
2. Pasal 28 ayat 4 yang berbunyi : lembaga penyiaran televisi dilarang menyajikan program yang dapat dipersepsikan sebagai mengagung-agungkan kekerasan atau menjustifikasi kekerasan sebagai hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari.
3. Pasal 36 yang berbunyi : lembaga penyiaran dilarang menyiarkan program yang mendorong atau mengajarkan tindakan kekerasan atau penyiksaan terhadap binatang.

Selain itu, dikabarkan pula bahwa reaksi dan pengaduan masyarakat kepada KPI yang mengeluhkan tayangan di atas sangat gencar. Untuk itu berdasarkan UU Penyiaran, KPI wajib menerima dan menindaklanjuti aduan masyarakat berkaitan dengan pelanggaran isi siaran.

Selanjutnya, apabila Trans7 tidak mematuhi keputusan ini, maka KPI akan mempertimbangkan sanksi lebih lanjut sesuai dengan ketentuan dalam UU Penyiar.

 

31 Tanggapan to “Siaran TV Trans 7 ‘EMPAT MATA’ ditutup KPI.”

  1. arif said

    sekali-kali memang harus di kasih pelajaran, biar jera tuh produser-produser yang cuma kejar rating dan share

  2. asuna17 said

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://tv.infogue.com/siaran_tv_trans_7_empat_mata_ditutup_kpi_

  3. FaNZ said

    padahal gue suka nonton tuh acara😀

  4. Gw jg suka krn tukul tetangga gw,tapi siarannya jgn yg aneh2…yg biasa ajalah,sewajarnya😀

  5. Peringatan 1, kartu kuning, keluarlah kartu merah🙂
    sebagai gantinya, kira2 program apa ya ?

  6. Hasan Seru said

    hanya beberapa episode yg mungkin diluar batas dr sekian episode, smoga mempertimbangkan lagi….

  7. Pantas ya UU pornografi RI ada yg kontra dan ada yg Pro.

  8. Sani said

    Tinggal tunggu seberapa kristalisasi kringetnya thukul yang lain. Semoga saja yang banayk manfaatnya. Bukan sekedar joke dan exploitasi. Halo KPI. Bagaimana sinetron2 nya?

  9. Sani Lagi said

    Mas edy ada ada saja. Btw, itu kan cuma pake banner maker. donlod saja programnya di sini. Cuma 11 MB kok. Kura kura dalam prahu ya?.

  10. Sani Lagi said

    Eh maaf, udah klik sponsored by blom? sapa tahu bisa jadi bisnis mas Edy…

  11. Wow thank berat to Mas Sani.Betul kok gw gak tahu,gw bisa buat blog ini Otodidak(tanpa ada yg belajari) so semoga Allah membalas kebaikan Mas Sani atas Infonya.

  12. Rommy said

    kenapa cuma ini saja…….sedangkan tayangan lain yang tidak mendidik juga banyak….misal saja Sinetron hasil keluarga Punjabi…dan sinetron lain…kalo mo bikin Indonesia lebih beradab yang jangan ini tok…

  13. mesinkasir said

    yang sempat di untungkan dengan adanya 4 mata dan tukul adalah penjual Lap Top, Tukul memasyarakatkan LapTop, Katrox

  14. Ratu Adil Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu said

    lebih baik ditutup saja.

  15. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di http://www.lintasberita.com/ akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
    Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

  16. idabaguss said

    man9 bener2 kasian si tukul…

  17. garong said

    biarlah tukul istirahat dulu…..
    uang yg kemarin biar habis …nah baru empat mata tayang lg…oooo yha buat mas tukul inget orang jawa ya…sekarang lu sombong lu..masih banyak yg mebutuhkan uluran tanganmu……lu bisa balas di emailku yaaa..awas kl gak balass.. makasih mas tukull …semoga succes selalu…

  18. Namanya saja Tukul,biar ditutup nanti pasti Tukul lagi.Hidup Tukul….

  19. TukuLeR…. ah di tutup ya buat acara lain.. sudah sukses kok!

  20. zlamzani said

    Sani : mas edy kasih alamat email ke saya, ntar tak buatin panduannya. Kalo nglah gambar pake apa?

  21. oke deh mas…e-mailku : taxiksa_grobogan@yahoo.com
    bagi teman-teman yang mau belajari aku blog atau bisnis dll bisa kirim e-mail.Aku tunggu selalu

  22. anas said

    awal keruntuhan kerajaan tukul…
    tim kreatifnya jg sih kebangetan,,,,kalo tukul kan cuma baca skript aja, ya mas…

  23. Wisnu said

    gw Setuju lah di stop… tayangan gak bermutu! awal-awalnya sih bagus… eh lama lama emang bener2 katrok! Tukul gak salah kok.. tim kreatifnya aja yg gak kreatif lagi.. Hidup wong Ndeso!

  24. Didik said

    Gue sebenernya sedih acara tukul ditutup…. Soalx gue ngefans banget sama tukul… Tapi ya mau apalagi memang acaranya lama-lama kayak gitu, akhirnya ditutup deh tukul. ya untuk tukul sabar ya semoga diganti yang lebih baik. HIDUP TUKUL AKU FANS BERATMU….

  25. Didik said

    Aq sebenarnya menyayangkan acara tukul ditutup, tapi mo gimana lagi ini sudah keputusan pemerintah. Aku adalah penggemar berat tukul. selama ini aku selalu melihat acara tukul 4 mata. Ya sekarang aku ga bisa melihat acara 4 mata lagi deh. tukul sabarkan hatimu, semoga diberi yang lebih baik lagi. HIDUP TUKUL

  26. Andrie_st said

    Atur strategi buat tim kreatif 4 mata! kasih nama beda, tapi org2nya sama,…

    Kayak di sinetron2 itu loh, kalok menjelang romadhon, pakek jilbab en kopiah, akting dijaim2in (padahal tak ada secuilpun ayat suci / hadist yg dibacakan). Entar kalok udah kelar lebaran, dibukak lagi, horeeee…..

    Ganti judul: Tukul in the host, Tombo ngantuk, Puas2, …. pasti gol deh tayangannya….

  27. economatic said

    Tayangan yang mendidik atau tidak itu batasannya seperti apa sih? Emangnya setiap pelajar harus punya mobil+pacar seperti di sinetron itu mendidik?

  28. bunch said

    KPI, jangan cuma segilintir acara saja. Program seluruh sinetron di indonesia merupakan pembodohan bangsa belaka. tidak ada nilai edukasinya, baik yang religi maupun non religi. Jadi, kapan kerja KPI bisa benar

  29. budi said

    Sekarang acara baru pengganti ’empat mata’ sudah tayang dengan host baru, Parto dan Didin. Format tetap sama, tim kreatif sama, band pendukung sama. Hanya ganti nama acara dan ganti host. Pertanyaannya, kenapa kok hanya Tukul yang dikorbankan dari ‘kecerobohan’ empat mata, sementara yang lain tetap mengudara. Mestinya jika satu program dilarang tayang semua pendukung acara itu harus dibubarkan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban bersama. Apalagi Tukul hanya sebagai pelaksana dari tim kreatif yang merencanakan acara tersebut.
    Pertanyaan selanjutnya, kalo memang ’empat mata’nya Tukul sudah dilarang tayang, kenapa KPI begitu mudah dikibuli dengan adanya tayangan ’empat mata’ baru tersebut.

    Auk ah gelap!

  30. Jimmy Adryfan, S.Pd., M.Si. said

    tayangan 4 mata episode terakhir sangat TIDAK MENDIDIK..
    Saya yang menggeluti bidang profesi kependidikan dan ilmu pendidikan serta keguruan… menilai hal itu sangatlah tidak pantas…
    Kita sebagai pendidik menanamkan nilai-nilai cinta kasih, kesetiaan, rasa sayang,, kita telah memudar akibat media yang tidak kondusif…
    Apabila anak-anak yang menonton adegan sadisme tersebut akan segera terpengaruh jiwanya… sehingga nilai-nilai sadisme lah yang masuk ke dalam pikirannya bukanlah nilai-nilai kebenaran, kerohanian, dan cinta kasih….
    Saya sangat setuju apabila penyiran 4 mata kin ditutup… dan ini merupakan suatu pelajaran bagi stasiun atau program televisi lainnya…

    Mari kita bersama-sama tingkatkan kualitas pendidikan di tanah air dengan menayangkan film-film yang mendidik, berakhlak mulia, jangan seperti emapat mata

  31. Laso said

    Kasihan ya mas Tukul……
    gw ngefans banget lho ama mas tukul, kocak abis
    apalagi kl lg stress pasti segerrr kl nonton mas tukul

    sabar ya mas tukul
    go a head mas…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: