Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

Jamaah Haji Indonesia Tahun 2008 di Mekkah Ksa Banyak yang Tersesat

Posted by kluwan pada 15 November 2008

    Mekkah ksa – Tahun ini untuk jamaah haji Indonesia di Mekkah ksa harus benar-benar extra hati-hati untuk menjaga kekompakkan regu, rombongan dan kloter. Karena kondisi rumah ( maktab ) yang penempatannya jaraknya jauh-jauh dari Masjidil Harom, perlu di himbaukan pada para jamaah untuk pengenalan tempat tinggal (adaptasi) perlu di nomer satukan.

    Baru beberapa hari jamaah masuk kota suci Mekkah, banyak ditemui di jalan-jalan jamaah yang tersesat. Walaupun ada petugas khusus Haji Indonesia yang mencari jamaah tersesat, mungkin bila jamaah sudah mulai penuh memasuki Mekkah akan kewalahan. Kita perlu maklum karena banyak jamaah Haji Indonesia yang berusia lanjut usia. Tahun ini benar-benar tahun yang perlu perhatian khusus untuk penempatan rumah tinggal di Mekkah.

 Jika di Madinah jamaah Haji indonesia di manjakan dengan tinggal di Hotel yang mewah dan sangat dekat dengan Masjid Haram Nabawi, justru di Mekkah harus prihatin. Penulis kemarin bertemu dengan salah satu Jamaah dari kabupaten Tuban, beliau bercerita bahwa 30 orang disediakan satu kamar mandi ( coba bayangkan ). Demikian juga jamaah dari kabupaten Demak bercerita serupa. Kepada siapa jamaah Haji mengadu? Tidak ada !!! Rata-rata jamaah Haji Indonesia menerima apa adanya karena prinsipnya mereka mau Ibadah. Orang ibadah itu ya harus sabar mas…biar ditaruh jauh atau dekat saya gak perduli. Mau ada kamar mandi atau tidak yang penting niat saya naik Haji dan Haji saya di terima Allah Swt. Jawab penulis Amin…

 Untuk calon jemaah Haji yang masih di Indonesia (belum berangkat) perlu di beri tahu tentang kondisi rumah yang jauh dan masalah tersesatnya jamaah dari masjidil Haram Mekkah harus sedikit di tegaskan. Ikuti intruksi ketua Kloter, ketua Rombongan dan ketua Regu. Jangan merasa sok tahu, sok bisa, jalan sendiri yang akhirnya akan tersesat. Penulis percaya walaupun jamaah Haji itu setiap tahun berangkat Haji belum bisa di pastikan mereka tahu kondisi kota Mekkah yang setiap tahunnya berubah. Bekal pengalaman harus banyak tanya kepada petugas Haji. Kalau bisa minta peta dari petugas.

 Untuk yang berwenang menangani penempatan rumah di Mekkah tolong di koreksi untuk kekurangan-kekurangan dalam melayani tamu Allah Swt tersebut. Untuk tahun depan semoga bisa lebih mendekat dengan Masjidil Haram Mekkah ksa. Bila di hitung anggaran, beaya atau ongkos Haji, Indonesia termasuk paling mahal se Dunia.

  Untuk catatan para ketua kloter, ketua rombongan dan ketua regu jangan mudah menyerahkan uang Dam, uang lain-lain ke Mukimin yang tidak dikenal atau Mukimin yang pandai merayu, mukimin yang tidak jelas identitasnya. Penulis sering mendengar ratusan juta di bawa kabur oknum-oknum yang cuma memanfaatkan musim Haji sebagai ladang penipuan. Hati-hati dan waspada, jangan mudah percaya dengan rayuan manis, rayuan harga murah dan minta uang duluan.

 Semoga sedikit gambaran dan tulisan ini ada manfaatnya bagi pembaca sesama umat islam di manapun berada, bisa menasehati siapa saja yang kita kenal. Semuanya kembali lagi ke yang Maha Kuasa, Maha Adil dan Maha Bijaksana, Jamaah Haji adalah Tamu Allah Swt yang di muliakan. Semoga sebagai Tamu Allah Swt yang di banggakan, segala keinginan (do’a) di kabulkan Allah swt sebagai tuan rumah. Amin

8 Tanggapan to “Jamaah Haji Indonesia Tahun 2008 di Mekkah Ksa Banyak yang Tersesat”

  1. budi said

    Akhirnya… aku bisa liat wajah mas Edy yang baik hati… hehehehe..

    Mestinya info ini saya baca sebelum istri saya berangkat. Apapun, makasih banget infonya mas Edy, info ini langsung saya sms ke istri yang sedang berada di sana. Semoga bermanfaat dan mas Edy mendapat balasan pahala atas kebaikannya. amin amin…

  2. Warda said

    Mas Budi, slidenya saya pasang biar tidak penasaran.😀
    Sambil baca info, sambil denger musik yang kalem. Menurut Mas Budi baik apa jelek jika tiap artikel di pasang slide?😀

  3. budi said

    Nggak ada masalah mas, tapi selanjutnya sebaiknya slide yang ditampilkan ada hubungannya dengan artikelnya. Misalnya blog ttg Mekkah bawahnya dikasih slide isinya foto-foto di Mekkah, dsb. Jadi sambil baca, dengerin musik sekaligus bisa liat-liat foto yang ada hubungannya dengan Mekkah.

    Btw, jam yang ditampilin di sini itu jam waktu bagian mana sih mas? kok lain sama WIB tempat saya nulis komen ini…

  4. Warda said

    Setuju….masukan yang bagus sekali.wah gak kepikiran kalau gak di kasih masukan.
    _______________________________________________
    Jam-nya jam arab saudi kok mas…? berapa selisih waktunya?
    Dengan Wib waktu Mekkah ksa, Selisih 4 jam. (misal di Indonesia jam 12 malam Wib, di Mekkah jam 08.00 sholat isya’)😀
    Jika gak cocok lagi mungkin jam Perancis…he he he

  5. budi said

    Wah, jamnya gak cocok mas. Mosok selisih satu jam lebih cepat dari WIB. Sekarang jam 5 WIB tapi jamnya Mas Edy menunjunkkan jam 6. Piye to? Ganti baterenya ya hehehe…

  6. Warda said

    😥 waduh … geovisite perlu di beliin batere nih, walah biarin aja mas bud …😀 8)

  7. nice artikel…
    thanks ya atas infonya…
    sangat bermanfaat…

  8. Warda said

    بسم الله الرحمن الرحيم

    اسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

    MOHON MAAF, UP-DATE BLOG INI SEPERTINYA SANGAT SULIT. ADMIN MASUK DASBOR DI TOLAK TERUS. IMFORMASI HAJI SANGAT SULIT DI UNGKAPKAN / DI CERITAKAN. TAHUN INI HAJI INDONESIA DI MAKKAH KSA BANYAK SEKALI KOMPLIN….
    HARAP MAKLUM.
    (ADMIN MAU MEMBUAT TULISAN BARU TIDAK BISA, SERVER ERROR TERUS!)

    وسلام علكم ورحمة الله وبركا ته

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: