Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

Nasib TKI Ilegal dan Umroh Overstay di Arab Saudi

Posted by kluwan pada 19 November 2008

Saudi Tolak Perpanjangan Visa Umroh

 

Jeddah (ANTARA News) – Berita ini tentunya diturunkan untuk kelancaran dan kenyamanan para Jamaah haji seluruh dunia tahun 2008. Memang kenyataan untuk setiap tahunnya jemaah haji Mukimin, umroh overstay, tki ilegal banyak di temui. Untuk tahun ini pihak kerajaan Arab Saudi memperketat peraturan, telah diterbitkan di koran bahwa para tki yang resmi jika mau berangkat haji harus ijin ( tasyrih ).

Aparat Kerajaan Arab Saudi mulai melakukan sweeping (penyisiran) dan pemeriksaan ketat terutama di perbatasan Mekah dan Madinah untuk mencari pendatang haram yang sudah habis izin masa tinggalnya.

Harian Al-Nadwah, Rabu, memberitakan, Kerajaan Arab Saudi juga menolak perpanjangan visa umrah untuk dimanfaatkan berhaji. Disebutkan, Kantor Imigrasi Mekah mengumumkan bahwa batas izin tinggal jemaah umrah adalah hingga tanggal 15 Syawwal. Sehingga, jika jemaah umrah masih tinggal di Arab Saudi dianggap jemaah ilegal yang nantinya akan dipersulit kepulangan ke negara asalnya.

 

Terkait dengan izin tinggal itu, Mayjen Abid Katib, asisten direktur jendral imigrasi bidang haji dan umrah menegaskan, bahwa sanksi bagi orang yang membawa jemaah haji ilegal ke Masya`ir (Arafah, Muzdalifah dan Mina) adalah 10 ribu reyal per-orang.

Berapa pun jemaah yang dibawa maka ia harus membayar sejumlah itu. Dari studi lapangan yang telah dilakukan, beliau menjelaskan bahwa prosentase jemaah haji takhaluf (overstay), yang datang dari luar kerajaan Saudi bisa dikatakan nol persen dibanding jumlah jemaah umrah yang overstay.

Menurutnya, orang-orang yang over stay yang bersembunyi di Jedah maupun Makkah umumnya dari para jemaah umrah bukan haji. Pemberian pelayanan haji untuk para pendatang terbatas untuk enam yayasan pemandu haji saja, dan ia bertanggung jawab memulangkan jemaahnya yang tertinggal.

Ia mengatakan bahwa pasukan keamanan dikerahkan pihak imigrasi sepanjang tahun, mampu memerangi fenomena jemaah over stay yang terjadi di musim haji.

Dari pemantauan ANTARA di lapangan, banyak warga Indonesia tidur di sejumlah kolong jembatan di kota Jeddah. Mereka berasal dari berbagai propinsi di tanah air. Harapan mereka tinggal di kolong jembatan adalah dapat direzia pihak imigrasi setempat yang kemudian dapat dipulangkan secara gratis pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Ada di antara yang tidur di kolong jembatan itu orang mampu. Mereka sudah mengirim uang ke tanah air lalu, dengan tanpa membawa apa-apa, tidur di kolong jembatan agar terkena razia. “Ya, memalukan kita,” kata Sahe, seorang mukimin yang tinggal di Jeddah.

8 Tanggapan to “Nasib TKI Ilegal dan Umroh Overstay di Arab Saudi”

  1. Mirgo said

    Aku memang belum pernah berada di luar negeri, tapi kalau baca berita ini mungkin alangkah lebih baiknya yang berada di KSA mau tidak mau ya mesti mengikuti kebijakan pemerintah setempat. jadi …. maaf mungkin sebaiknya kembali ke Indonesia dulu …. sambil menunggu situasi yang lebih kondusif untuk bisa datang kembali ke KSA.
    Hitung-hitung cuti sambil mencari peluang usaha di negeri sendiri, atau barangkali mau mendirikan biro perjalanan Haji/Umroh dengan berbekal pengalaman dan relasi selama tinggal di KSA.

  2. dzarmono said

    Sungguh TRagis..! Masak sampai segitunya buat mencar sesuatu yang gratis!

    ========Dari pemantauan ANTARA di lapangan, banyak warga Indonesia tidur di sejumlah kolong jembatan di kota Jeddah. Mereka berasal dari berbagai propinsi di tanah air. Harapan mereka tinggal di kolong jembatan adalah dapat direzia pihak imigrasi setempat yang kemudian dapat dipulangkan secara gratis pemerintah Kerajaan Arab Saudi.===========

    Ini lah IndoneSA di luar sana?

  3. Warda said

    Wah seneng hatiku karena senior-seniorku pada kasih koment😀
    Wah trim berat nih buat Cakmirgo, met Tugas ya…😀
    Wah my teacher Mas Dzar :$ dimana-mana yang namanya gratis pasti laris…😀

  4. paijo said

    wes poko’e ruwet,benar juga kata pepath…HUJAN EMAS DI NEGERI ORANG LEBIH BAIJ HUJAN BATU DINEGERI SENDIRI tapi kayaknya ga laku pepatah ini,,katanya…..yo benjut kabeh cak!!!!!!

  5. ahmadfarisi said

    pepatah yang benar adalah, hujan mas di negri sendiri lebih baik daripada hujan yuro di negri orang

  6. saya sebagai warga Indonesia juga miris melihat ratusan orang yang sudah empat hari tidur di bawah jalan layang, mereka menunggu jemputan untuk dipulangkan. tapi itu sebenarnya kesalahan mereka sendiri…..

  7. Warda said

    بسم الله الرحمن الرحيم

    اسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

    MOHON MAAF, UP-DATE BLOG INI SEPERTINYA SANGAT SULIT. ADMIN MASUK DASBOR DI TOLAK TERUS. IMFORMASI HAJI SANGAT SULIT DI UNGKAPKAN / DI CERITAKAN. TAHUN INI HAJI INDONESIA DI MAKKAH KSA BANYAK SEKALI KOMPLIN….
    HARAP MAKLUM.
    (ADMIN MAU MEMBUAT TULISAN BARU TIDAK BISA, SERVER ERROR TERUS!)

    وسلام علكم ورحمة الله وبركا ته

  8. mirra said

    saya adalah salah satu tki ilegal yg berada di jeddah ksa, sy berkerja 8 bln di rmh majikan’sy kabur karna sy tida di gajih’ampir 10 tahun sy belum pulang ke indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: