Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

Suasana Kota Mekkah Ksa Menjelang Wukuf

Posted by kluwan pada 25 November 2008

   Mekkah Ksa – Suasana kota suci Mekkah Al Mukarommah semakin ramai. Di sepanjang jalan yang ada lampu merah – hijau sudah bisa di pastikan antrian mobil yang panjang. Jalur – jalur yang setiap tahun di buat untuk Operasi ( Taftis ) sudah hampir seminggu berjalan. Kesibukan luar biasa terlihat di pembangunan sekitar lempar Jumroh Mina yang ingin menyelesaikan pembangunan dengan secepatnya.

   Aparat keamanan ( personil kepolisian ) sudah berdatangan dari luar daerah Mekkah. Suasana tambah ramai dengan berdatangan bus-bus dari luar daerah. Suasana sangat aman dan terkendali. Petugas – petugas yang biasa menangkapi pedagang – pedagang liar setiap hari beroperasi. Suasana kemacetan sangat berkurang di bandingkan tahun-tahun yang telah lalu. Mungkin di sebabkan pemondokkan Jamaah Haji yang jauh dari Masjidil Haram.

   Peraturan demi  peraturan di benahi oleh kerajaan Arab Saudi demi keamanan dan kelancaran bagi Jamaah. Ketatnya perbatasan dari luar kota Mekkah menunjukkan benar-benar keinginan sebuah Negara yang ingin melayani Jamaah Haji dengan sungguh-sungguh.

   Jalur dari Madinah, Jeddah, Ta’if / Riyadh sangat rapat bagi pendatang tidak resmi. Menurut kabar di koran dan di Televisi Arab Saudi bagi yang akan menunaikan Ibadah Haji di harapkan melalui Mu’assasah dan mengurusi surat ijin naik Haji Atau bahasa Arabnya Tasyrih.

   Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, suasana kota Mekkah kelihatan sangat tenang, aman dan sangat terkendali. Walaupun banyak jamaaah Haji Indonesia yang pemondokkannya sangat jauh dari Masjidil Harom mengeluh, tapi mereka lebih baik diam. “kita serahkan semua peristiwa ini kepada Allah Swt, kami berniat Ibadah, kami tidak mau ribut, semoga Allah Swt membalas oknum pegawai yang tidak konsisten dalam hal pemondokkan” ujar salah satu jamaah Haji Indonesia.

   Ada 5 Jamaah Haji Indonesia di tangkap karena menggunakan Pasport hijau.

6 Tanggapan to “Suasana Kota Mekkah Ksa Menjelang Wukuf”

  1. Elsa said

    waaaaaah…jadi pingin ke mekkah lagi dan lagi…
    pasti sekarang mekkah dah rame banget. rindu suasana idul adha di mekkah euy!

    eh, ada tour de mekkah 1956 di blog ku. silakan mampir, gambarnya bagus-bagus lho….

  2. budi said

    Iya, aku juga baca di koran, ada 5 calhaj yang pake paspor hijau. Kasian mereka, terlantar karena jadi korban yayasan yang nakal!

    Yang lucu, komentar jemaah haji Indonesia tentang jauhnya pondokan itu, katanya hanya niat beribadah dan gak mau ribut, mestinya ikhlas segalanya dong, tapi kok kalimat terakhirnya nyumpahin pegawai yang ngurusin pondokan sih? Itu namanya suuzon, sapa tau memang seperti itu aturan dari pemerintah setempat. Lagian yang pondokannya jauh kan bukan hanya dia, banyak teman lainnya. Mestinya hatinya bersih dari segala prasangka…

  3. Warda said

    Truck trailer yang mengangkut minuman untuk sedekah dari para saudagar minyak atau pihak raja-raja tetangga sudah mulai berdatangan.

  4. pandubhumi said

    Saya mengundang anda untuk ikut menyumbangkan tulisan di http://bhumimaya.wordpress.com.
    Mari berbagi. : )
    Terima Kasih

  5. dodo said

    kok gak ada photo suasananya gak seru ach…..

  6. Warda said

    بسم الله الرحمن الرحيم

    اسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

    MOHON MAAF, UP-DATE BLOG INI SEPERTINYA SANGAT SULIT. ADMIN MASUK DASBOR DI TOLAK TERUS. IMFORMASI HAJI SANGAT SULIT DI UNGKAPKAN / DI CERITAKAN. TAHUN INI HAJI INDONESIA DI MAKKAH KSA BANYAK SEKALI KOMPLIN….
    HARAP MAKLUM.
    (ADMIN MAU MEMBUAT TULISAN BARU TIDAK BISA, SERVER ERROR TERUS!)

    وسلام علكم ورحمة الله وبركا ته

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: