Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

KOMENTAR GUS DUR TENTANG KONFLIK ISRAEL VS PALESTINA

Posted by kluwan pada 13 Januari 2009

Jakarta – Tindakan pemerintah RI untuk ikut membantu menghentikan konflik di Jalur Gaza dinilai tidak akan berhasil. Begitu pula tindakan ormas di Indonesia yang ramai-ramai mengecam serangan Israel tersebut.

“Nggak ada apa-apanya. Israel nggak nurut, Palestina juga nggak nurut,” ujar Gus Dur di sela-sela acara kongkow bareng Gus Dur di KBR 68H, Jalan Utan Kayu, Jakarta, Sabtu (10/1/2009).

Gus Dur juga menilai tindakan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin yang membentuk koalisi Masyarakat Madani untuk Palestina sebagai tindakan yang sia-sia. Sebelumnya, Din telah mengumpulkan tokoh-tokoh lintas parpol, agama dan budaya dan mendesak PBB segera bertindak untuk menghentikan konflik di Gaza pada tanggal 7 Januari lalu.

“Nggak usah ngomonglah, wong nggak ngerti masalah sana, nggak usah lah. Din Syamsudin ngerti apa sih? Dia nggak ngerti sejarahnya, Palestina yang mana.
seperti apa Indonesia harus berkoalisi dengan Hamas,” ungkap Gus Dur.

Menurut Gus Dur, PKB juga tidak akan melakukan aksi-aksi di jalanan untuk mengecam Israel, seperti yang dilakukan PKS.

“PKB tidak pernah membicarakan masalah itu. Biarin aja,” imbuh mantan presiden RI itu.

Gus Dur menjelaskan konflik di Palestina sudah terjadi sejak lama. Menurutnya konflik itu akan terus terjadi selama Hamas masih menembakan roket ke wilayah pemukiman Yahudi.
(rdf/djo)

33 Tanggapan to “KOMENTAR GUS DUR TENTANG KONFLIK ISRAEL VS PALESTINA”

  1. 777 said

    EMANG GUSDUR TAU,AMIT” MATA AJA GA BISA MELIAHAT KOK.PAS KEJADIAN MONAS WAKTU LALU GUSDUR KOAR” DENGAN PASUKANNYA MAU BUBARI FPI YG ANARKIS KATANYA,ANGGOTA FPI ADA YG MUKUL IBU”, TRUS BANSER MAU BRKT KE JAKARTA UTK ADU JOTOS DG FPI<TAPI GILIRAN INI MILITER BANTAI WARGA SI GUSDUR CUMA NGOMONG GITU.DASAR GUSDUR ANTEK YAHUDI,AGEN MOSSAD DI INDO.PNGEN BANGEK AKU NGLEMPAR MUKA SI GUSDUR PAKE SEPATU.

  2. Gus Dur said

    Download Software AL-QUR’AN Pro Ver. 3.0
    Al-Qur’an lengkap 30 juz ( 114 Surat + teks & terjemahan (Arab/English/Indonesia))
    Tafsir Quran Lengkap, Penunjuk waktu sholat, 21 bahasa terjemahan Al-Quran, Al-Qur’an Audio with Voice of Shaikh Sudaish (Imam Mecca).
    Download Gratis Sekarang . Link Download http://www.ziddu.com/download/3082887/Al-QuranProVer.3.0.exe.html

  3. paijo said

    😆 Gus Dur memang Oke…😆

  4. arya said

    Sabar-sabar, memang beitulah kenyataannya. Kalau ndak begitu ya bukan begitu. Betul enggak???

  5. titos said

    Wualah……gus dur lagi, gus dur lagi.😀

  6. vijays said

    Btw Gus Dur memang benar, israel dan palestina itu sama-sama ngototnya, dari dulu sampai kiamat pasti perang. gak ada yg mo ngalah…
    Tp kalau masalah ceplas-ceplos itu mah sudah bawaan dari sono-Nya kali ya?
    Sabar…

  7. laila said

    Dunia ini gak seru kalau gak ada perang.😥

  8. paijo said

    😆 dunia juga akan sepi tanpa Gus Dur😆

  9. weleh, lha klo ngotot terus siapa yg kalah siapa yg menang?

    tp, bagaimana dg ulasan disini: http://fondix.wordpress.com/2009/01/13/masih-ada-orang-indonesia-yang-masih-bertanya-mengapa-harus-memikirkan-palestina/

  10. anton said

    GUS DUR tau sejarah…. yang lain pengen cari perhatian dan dukungan untuk PEMILU aja… liat aja minggu lalu ada partai politik mengumpulkan massa untuk solidaritas Palestina…tapi bawa-bawa bendera PARTAI…walah-walah itu mah kampanye terselubung namanya… kalo mau menyumbang…masih banyak orang Indonesia yang kelaparan dan kurang mampu…ngak usah liah jauh-jauh kesana…di sekitar kita banyak sekali butuh sumbangan kita…jangan munafik…TERUSKAN PERJUANGAN MU GUS DUR….GUS DUR FOR PRESIDENT.

  11. si buta ngomong lagi yaaa…????
    e buta, loe tau pa sech…????
    liat ja nggak bisa sok koar…!!!!
    buta, diem jah napa sech…!!!!
    ini masalah palestin adalah masalah kami. masalah umat islam…!!!
    yang bukan islam nggak usah bela-belain israel dech….!!!
    udah ngaku Nabinya orang aceh tempo hari masih belum kapok loe ya….!!!!
    gw cincang baru tau rasa loe…!!!
    wahai yang fanatik gusdur,,, sudah saatnya berpindah/beralih ke jalan yang benar…!!!
    jangan sampai hari kiamat nongkrong sama gusdur n israel di NERAKA….!!!!
    FAHAM…????

  12. Santai aja lah yang namanya pendapat itu bebas terlepas dari orang itu buta, bisu, pincang, bodoh, pinter…..ganteng, jelek…..semua saya rasa bebas2 aja berpendapat…..nah disini kita belajar menghargai orang lain bagi yang belum bisa AKU nya masih jadi Raja dalam jiwanya…..

  13. bukanabi said

    santai aja bos.
    jangan pake kekerasan lah. memperburuk citra Islam ah.
    semua kan bebas berpendapat, mau yang cacat atau sehat. mau yang idiot atau jenius.
    kalau mau lawan pendapat ya dengan bantahan, jangan main cincang gitu ah. emosional.
    Umat islam yang sabar dan santun sepertinya lebih dihargai saat ini..

  14. Wahaby tobat said

    Gus Dur memang buta matanya,tp hati dan akal fikirannya tidak buta. Tp Aljeb_18 sekalipun matanya melek,tp hati dan akal fikirannya buta,na’udzu billah….
    Din syamsudin memang ga ngerti persoalan yg sbnarnya yg trjdi antra israel vs hamas. Apalagi Aljib_18,paling2 dia taunya org islam sdng perang dg org yahudi. Suatu sudut pandang yg jelas2 tampak bhwa yg mengemukakanya buta hati dan akal fikirannya.
    Sy mau tanya ma Ajieb_18,anda pilih lebih baik buta mata,tp hati n akal fkrannya melihat atau pilih sbliknya???
    Klo sy insyAllah pilih mata melihat,hati n akal fkiran jg melihat. Thanx.

  15. Mamam said

    Gus Dur emang sudah dapat penghargaan dari Komunitas Yahudi
    Berita di koran Surya :
    Abdurrahman Wahid terbang ke Amerika Serikat memenuhi undangan Shimon Wiesenthal Center (SWC) untuk menerima Medal of Valor, Medali Keberanian. Selain untuk menerima medali tersebut, Durahman juga menyatakan ikut merayakan hari kemerdekaan Israel, sebuah hari di mana bangsa Palestina dibantai besar-besaran dan diusir dari tanah airnya. Medali ini dianugerahkan kepada mantan presiden RI ini dikarenakan Durahman dianggap sebagai sahabat paling setia dan paling berani terang-terangan menjadi pelindung kaum Zionis-Yahudi dunia di sebuah negeri mayoritas Muslim terbesar seperti Indonesia.

    Acara penganugerahan medali tersebut dilakukan dalam sebuah acara makan malam istimewa yang dihadiri banyak tokoh Zionis Amerika dan Israel, termasuk aktor pro-Zionis, Selasa (6 Mei), dimulai pukul 19.00 waktu Los Angeles.

  16. hamba allah said

    buat wahabi tobat n anton,kalian itu tidak tahu siapa yg kalian bela,kalian jg ngmng kalo masalah palestina dan israel tdk jelas,kalian g pernah th buku sejarah y ? sudh th kl dari dulu ìtu israel itu merebut tanah palestina dr bangsa palestina,kok kalian msh bìlang ga tahu,sungguh aneh,gus dur itu ktpnya islam,tp dia membela musuh2 islam,lht aj komentarnya selalu bikin kekacauan,spt itulah ciri2 dajal akhr jaman,lbh baik dia keluar dr islam,dpd ngaku islam tp merusak ìslam dr dalam,

  17. gerilya_kota said

    Itulah slh 1 kelebihan bangsa yahudi, pandai menggunakan propaganda yg menimbulkan efek skala global. D palestina sipil muslim dibantai scr biadab, smntr d tmpt lain kaum muslim mulai beradu argumen ttg agresi israel, dmn hal tsb bs mengarah pd perpecahan umat. Mari kt kesampingkan ego ato emosi sesaat kt, kembali pd Al Quran dan Sunnah. Dan dg ridhoNya Insya Allah kt menemukan jln kebenaran, sbnrnya bkn hny muslim d palestina yg sdg dijajah, tp semua muslim d dunia sdg ditindas melalui sistem pemerintahan yg mengatur perekonmian sosial dan budaya lwt propaganda terbesar zionist yaitu organisasi fremason. Ingat musuh2 Islam hny takut apabila umat Islam bersatu

  18. Vai Hinduan said

    Yahh… Dur lagi., lagi lagi Dur…

    Tapi biarlah.. memang didunia harus ada pembanding..

  19. mordock rodriguez said

    sdr ku mujahiddin2 indonesia skrg sudah saatnya darah gusdur tumpah dibumi Alloh SWT,wajib bagi kita untuk memutus usia dia hidup dibumi ini,sebelum dia merasakan taubat,agar dia kekal dineraka bersama golongan2nya, ya Alloh yg maha menggenggam langit dan bumi,berilah kesempatan bagi hamba untuk menebaskan pedang hamba ke leher anjing kafir antek yahudi si buta gusdur go to hell with big syaitan america. ALLAHUAKBAR…!!!!!

  20. sadar said

    Jika seorang muslim dan seorang kafir sedang bertikai,mana yang kita bela? Apakah kita langsung saja membela si muslim, ataukah kita menyelidiki dulu pokok persoalannya?

  21. sadar said

    Apakah seseorang yang sudah mengaku “hamba Allah” itu berarti boleh menjelek-jelekkan orang yang jelas-jelas Islam,bahkan memberikan ciri-ciri dajjal. Dengan dalil Al-Qur’an & hadits yang mana atau dengan kitab ulama yang mana anda berani mengatakan ciri-ciri dajjal seperti itu?

  22. sadar said

    Janganlah kita menjadi penghasut untuk menumpahkan darah di bumi, sampai-sampai kita memberikan hukum wajib untuk membunuh seseorang. Sampai-sampai kita mnegharapkan seseorang kekal di neraka.Neraka milik Allah dan Allah Maha Pengampun.Kita saja tidak tahu, apakah kita nanti masuk surga atau neraka.
    Alkisah, Sayyidina Ali k.w.hendak saja menebas leher orang kafir,terus si kafir tsb meludahi Sayyidina ALi,Sayyidina Ali lantas pergi tidak jadi menebas leher kafir tsb karena Sayyidina Ali takut kalau niatnya menebas leher bukan karena Allah tapi karena marah sebab diludahi. Lantas apakah kita akan menebas leher seorang muslim? Apakah demikian yang diajarkan Baginda Rasul saw.

  23. Erfika said

    La ya’rifal wali illa wali.

  24. erwansyah said

    yang ngina GUS DUR tu orang bego……..kg ngerti apa2…..kalo aj GUS DUR mau pke titel gaya2 ky org lain sebagai status sosial mungkin habibi jg kalah banyak……nah kalo gusdur ngomong jgn pandang dari sudut yg satu arah…..GUS DUR selalu mengajak kita berpikir keluar dari kerangka otak kita yang kaku tertuju pada suatu msalah yang meliputi amarah yang tak karu2an…..jadi baginya g ngeti masalah ilmu yang buat orang kenapa yakin pada konsistensinya karena allah telah memberikan kelebihan padanya……

  25. erwansyah said

    contoh sedrhana ngapain ko orang penglihatanya g normal bisa jadi president…nah kita bisa ambil kesimpulan bahwa gusdur itu punya kelebihan dari allah dan di takdirkan jadi president ke 4 indonesia.coba pikir yg normal,gagah,ganteng kay lagi bisa knp?????????/ karena allah tidak mengijinkan………

  26. erwansyah said

    yg menghina gusdur intinya bego,bego bego goeooooooooooobbbbbbbblllllllllooooooookkkkkkkkkkkkkkk g punya ilmunya ko ngomong ikut arus orang g tau yg sebenarnya…..bego loe…

  27. soetrisno said

    pengin lou seperti gusdur temennya banyak,ngaji dulu sampai katam menguasai ilmu islam,dan mendirikan pesantren, harus punya sikap keras terhadap sesama muslim dan siap jadi gedibalnya yahudi,bila perlu kencingin al-Qur’an didepan orang Kristen, nanti anda pasti dapat nobel pedamaian dari obama, mau silahkan coba ya!
    paling cuma dapat kutukan dari Allah mata picek dan jempor jare wong Jowo.

  28. soetrisno said

    Maha Suci Allah dan dengan Rahmatnya telah ditenggelamkan keperut bumi manusia berkepala dua yang sudah dibuat lumpuh dan buta matanya tapi masih saja gak mau introspeksi kenapa aku dibuat buta dan lumpuh, jawabanya adalah kalau anda bisa jalan dan melihat mungkin yang terjadi perang saudara sesama muslim.

    Resep: untuk menghindari BUTA karena struk atau LUMPUH karena struk atau penyakit berat lainya :sempurnakan Sholat anda dan benar karena dalam Islam tidak mengenal yang namanya STRUK
    bilamana anda lumpuh atau buta disebabkan karena struk bisa dipastikan bahwa ke ISLAMAN anda tidak benar.

  29. soetrisno said

    Kalau ada orang Fanatik dengan bung Karno itu wajar karena beliau adalah Intelektual Muslim yang dengan semangat juangnya terbukti mengantarkan Bangsa Indonesia ke Gerbang Kemerdekaan dan tingkat Idealismenya bisa menjadi panutan bangsa.

    Kalau orang Fanatik dgn duhrahman hanya karena anak seorang ulama dianggapnya paling suci,pada hal anak yang dikandungnya gak jauh dengan tabiat dahjal!!!!!!!! hai manusia yang ber akal bangkitlah anda dari kebodohan biar agamu tidak dijadikan bahan ejekan oleh kaki-tangan Israel.

  30. sam-si dul said

    orang koq sukanya menghakimi orang.. mbok ingak hakim yang baik itu hanya Tuhan. jadi biarlah pendapat bebas tapi jangan menghakimi.. nanti bisa berbalik.. istilah jowonya ‘keweleh”. saya pengagum gus dur terutama dari pemikiran-pemikiran yang selalu mencoba menggunakan rasio sehat, tapi sy tidak setuju dengan caranya meremehkan orang. Tapi bagi yang tidak setuju gus dur..tolong sadarlah anda bukan orang yang sempurna….
    semoga kalian semua insaf

  31. Bewox said

    He-soetrisno?! U ini goblok pa begok pa oon?keislaman itu bukan d lihat sempurna atau cacatnya orang.km sendiri yg d ragukan keislamannya islammu yg ga benar alias sesat

  32. Emofox said

    Wah2, GUSDUR emang top abiz..
    Pandang masalah ga dari 1 sudut pandang aja..
    Harus.ny beliau jd presiden trus, pasti rakyat indo bkal ga sengsara..

  33. hamba Allah yg tiada arti said

    pada saatnya nanti entah berapa ratus tahun kemudian pernyataan dan pemikiran pak gus dur
    akan menjadi dasar pemikiran kita dalam beragama dan bersosial di saat kehidupan penuh kedamaian di masanya nanti, karena memang itulah azas yang menjadi tujuan islam yang sebenarnya, yang untuk saat ini hanya dimaknai secara dangkal dan sulit menerima pemikiran yang lebih maju. mungkin kita tidak akan merasakan zaman kedamaian itu dimana semua kehidupan terintegrasi dalam ” rahmatan lil ‘alamin” kelak anak cucu cicit kita yang mungkin membenarkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: