Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

GARA-GARA NOVEL MENGHINA RAJA, PENULIS MASUK PENJARA

Posted by kluwan pada 20 Januari 2009

Selasa, 20 Januari 2009 | 04:58 WIB
BANGKOK, SENIN – Pengadilan Thailand, Senin (19/1), memutuskan menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada Harry Nicolaides (41), warga negara Australia yang berprofesi sebagai penulis. Nicolaides didakwa bersalah karena menghina keluarga kerajaan di dalam novel berjudul Verisimilitude yang diterbitkan tahun 2005. Novel itu ia edarkan dengan cara difotokopi.

”Ia menulis novel atau buku yang isinya jelas menghina Raja Bhumibol Adulyadej, Pangeran Maha Vajiralongkorn, dan pemerintahan monarki,” kata hakim yang memimpin pengadilan itu.

Sebelumnya, Nicolaides yang sudah ditahan selama lima bulan itu mengaku bersalah. ”Saya sangat menghormati Raja Thailand. Saya sudah tahu ada aturan yang ketat mengenai penghinaan terhadap pemerintah monarki. Namun, saya tak mengira akan terkena aturan itu,” ujarnya.

Nicolaides yang beberapa kali pernah mengajar di sebuah perguruan tinggi di Thailand utara ditahan ketika berada di ruangan keberangkatan Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, tanggal 31 Desember lalu.

Aturan ketat

Tim pengacara dan pihak keluarga mengaku Nicolaides hendak meminta maaf kepada anggota keluarga kerajaan. Nicolaides bukanlah warga asing pertama yang dihukum karena melanggar aturan yang melindungi keluarga kerajaan. Tahun 2007, Oliver Jufer, warga Swiss, dipenjara selama 10 tahun karena merusak foto raja. Namun, ia lantas dimaafkan kerajaan dan dideportasi Pemerintah Thailand.

Beberapa bulan terakhir, Thailand memperketat aturan itu. Sejauh ini, pemerintah melarang 4.000 situs internet yang dinilai menghina kerajaan. (AFP/LUK)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: