Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

Bali Ndeso Mbangun Blog

Posted by mytour09 pada 23 Februari 2010

Jika Bibit Waluyo “Bali Ndeso Mbangun Deso”, maka Bambang Haryanto “Bali Ndeso Mbangun Blog”. Dari kota kecil Wonogiri Bambang merekam jejak hidupnya.

Menjelang akhir Desember 2005, Bambang Haryanto (BH) menerima email dari Verdi Amaranto. “Ketika saya ketik nama adik saya, Widhiana Laneza, google.com memberikan blog Anda, ‘Buka Buka Beha’, dan saya melihat nama adik saya termasuk dalam list wanita-wanita terindah Anda. Saya hanya ingin memberi tahu bahwa adik saya telah berpulang ke pangkuan Allah SWT pada hari Selasa, tanggal 20 Desember 2005, 3 hari setelah pernikahannya.”

BH sangat terpukul menerima kabar itu. Anez—panggilan akrab BH kepada Widhiana Laneza—dan BH pernah menjalin hubungan khusus di masalalu. Selain Anez, ada Riaty (Cresenthya Hartati). Kedua perempuan ini membuat BH begitu terkesan.

Dari pengakuan Anez dan Riaty kepada BH sewaktu masih pacaran, mereka mengidap asma. Ironisnya, baik Anez juga Riaty memelihara anjing di rumahnya. Diperparah lagi, saat itu BH masih menjadi perokok berat. Hingga suatu hari Riaty mengingatkannya: “Aku pengin Mas Hari sehat-sehat. Juga bisa berumur panjang”, katanya lembut.

Dalam episode kehidupan selanjutnya, BH terbaring di rumah sakit. Oleh dokter dia disarankan agar berhenti merokok. BH akhirnya benar-benar meninggalkan kebiasaan buruknya, menghisap nikotin yang setiap saat bisa menyerang kesehatan dan juga membahayakan hidupnya.

Untuk mengenang Anez dan juga Riaty, BH meluncurkan sebuah blog yang mengupas seputar topik asma. Blog itu tak membahas kajian asma dari sisi medis, tapi berisi cerita pengalalaman yang dialami pemilik blog dengan sejumlah penderita asma.

Sehari-hari BH sekarang tinggal di kota Wonogiri, sebuah kota kecil terletak sekitar 35 kilometer ke arah selatan dari kota Solo. Sebelumnya mantan mahasiswa Jurusan Arkeologi FSUI, 1982, itu pernah bekerja di ibu kota selama beberapa tahun sebagai konsultan komunikasi.

Sesekali ia menyempatkan berjalan pagi menyusuri sudut-sudut Kota Wonogiri dengan berjalan tanpa alas kaki sambil membawa radio. Cerita hasil jalan-jalan pagi itu dihimpun dalam blog The Morning Walker.

Meski bagi sebagian orang radio sudah ditinggalkan, tapi tidak untuk seorang BH. Baginya radio menjadi “gadget” istimewa karena dari sana ia bisa menikmati siaran BBC yang direlai oleh stasiun radio lokal di sekitar tempat tinggalnya. Ini pula yang membuat saya terkesan, meski ia tinggal di kota kecil, semangatnya untuk tetap mengupdate perkembangan informasi tak padam.

Bahkan internet bukan hal yang asing seperti kebanyakan mereka yang tinggal di daerah. Buktinya ia masih sempat menulis di blog. Beberapa blognya yang masih diupdate antara lain Komedikus Erektus, Esai Epistoholica, Suporter Indonesia dan The Moring Walker. Di luar yang saya sebutkan, masih ada beberapa blog yang dikelola oleh BH. Direktori blog yang ia kelola dihimpun dalam blog “Buka Buka Beha” (http://bukabeha.blogspot.com).

Di dunia offline, BH lebih dikenal sebagai pendiri dan sekaligus promotor komunitas Epistoholik Indonesia, yang maniak mengirim surat pembaca ke berbagai surat kabar hingga akhirnya komunitas ini dicatat oleh Muri.

BH adalah sekian dari sedikit orang yang punya ide besar dan terus memikirkan dunia yang begitu luas ini justru ketika ia pulang ke kampung halamannya, sebuah kota kecil bernama Wonogiri.

Tak banyak orang memilih menempuh jalan hidup seperti itu. Mengutip ucapan Oscar Wilde (1854-1900), dramawan dan penyair Inggris-Irlandia: “Anybody can make history. Only a great man can write it” (Semua orang bisa menorehkan sejarah. Hanya orang besar saja yang mampu menuliskannya) maka hanya “orang besar” saja yang sanggup melakukannya.

(muhamad sulhanudin/)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: