Kluwan wordpress

Dari Desa Kembali Ke Desa

Pezina Dilarang Ikut Pilkada

Posted by mytour09 pada 22 April 2010

Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah menyiapkan revisi UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan, selain harus berpengalaman di bidang politik atau pemerintahan, calon kepala daerah juga tidak boleh cacat moral.

“Dia tidak boleh cacat moral. Antara lain terjemahannya, orang yang sudah berzina tidak boleh menjadi bupati,” kata Gamawan di Istana Negara, Jakarta, kemarin. Gamawan mencontohkan, jika ada calon yang memiliki foto tak senonoh dan beredar di masyarakat. “Itu cacat moral kan. Misalnya ada video berzina, itu sudah tidak boleh, harus dibatalkan oleh KPU.

Jadi ada 16 (syarat). Saya dengar dulu ada video selingkuh, belakangan muncul, itu sebenarnya tidak boleh,” kata Gamawann
Gamawan mengatakan, 16 syarat calon kepala daerah dalam UU No 32/2004 masih belum cukup. Larangan cacat moral sudah masuk dalam 16 syarat tersebut. Sehingga, dalam perubahan itu akan ditambahkan syarat berpengalaman.
Syarat pengalaman itu menghambat sejumlah artis yang belum pernah duduk di pemerintahan maupun memimpin organisasi, seperti artis Julia Perez yang menjadi bakal calon wakil bupati di Pacitan.

Sedangkan syarat moral seperti yang dicontohkan Gamawan, bisa menghambat artis Maria Eva yang menjadi bakal calon bupati di Sidoarjo. Skandal video mesum Maria Eva dengan Yahya Zaini yang kala itu masih menjadi anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar, beredar di publik pada 2005 silam.

Gamawan mengatakan, draf perubahan UU 32/2004 akan selesai pada Juni mendatang. Dia kembali mengingatkan, pengalaman di bidang politik atau pemerintahan bisa diartikan secara luas. Pengalaman tak hanya di partai politik, tapi juga di organisasi kemasyarakatan atau di lembaga legislatif. “Jadi tidak tiba-tiba misalnya dia artis terkenal, tidak pernah berorganisasi, tidak pernah memimpin partai, tidak pernah di DPRD, tiba-tiba muncul jadi calon gubernur,” katanya.

Dia mengatakan, kepala daerah harus memiliki tanggung jawab politik dan moral untuk memajukan dan menyejahterakan rakyat di daerah. “Kalau modal popularitas saja, apa itu pas, sementara demokrasi sedemikian maju, kebebasan sedemikian hebat. Nanti ke bupati ditanya, saya belum mengerti, tanya saja ke staf saya. Tiap hari begitu saja kan,” kata Gamawan.

Pernyataan Mendagri Gamawan Fauzi yang melarang calon kepala daerah cacat moral didukung oleh MUI Jatim. “Untuk menjadi seorang pemimpin dilihat dari berbagai sisi salah satunya bentuk cacat di masyarakat. Tapi tidak hanya dilihat dari persoalan zina, bisa jadi dari kejujurannya, artinya tidak pernah korupsi dan segala macam. Artinya mereka tidak layak jadi pemimpin,” kata Ketua Bidang Fatwa MUI Jatim, KH Abdurrahman Navis.

Pria yang juga menjadi pengurus PWNU Jatim ini berharap masyarakat bias cerdas memilih calon pemimpinnya. “Mudah-mudahan masyarakat bisa cerdas melihat calon pemimpin daerah dan mencari pemimpin yang baik secara moral,” tandasnya.

Julia Perez tidak setuju pada aturan pezina dilarang jadi kepala daerah. Dia justru melihat aturan itu sengaja dibuat untuk menjegal dirinya. “Sepertinya bukan hanya menjegal artis saja, tapi justru untuk menjegal saya,” katanya. Namun dia siap dan tidak merasa gentar.
Dia juga menjelaskan, apa yang disampaikan Mendagri Gamawan Fauzi perihal pezina itu adalah sesuatu yang benar, karena seorang kepala daerah harus memiliki moral yang baik. “Kita bisa bayangkan apabila seorang pezina menjadi pemimpin, mau dibawa kemana bangsa ini,” terangnya.
Jupe bertekad untuk tetap maju sebagai Wakil Bupati Pacitan. Dia akan memenuhi semua persyaratan yang ada. “Kan tidak ada persyaratan moral itu (pezina),” tambah pemeran film Hantu Jamu Gendong ini.
Sebagai calon peserta pemilihan Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Artis Maria Eva membantah bahwa dia pernah berselingkuh dan berzina. “Maksudnya yang selingkuh siapa? Saya? Saya tidak pernah selingkuh apalagi berzina,” katanya.

Dia juga menyatakan tetap akan maju dalam pencalonan. “Bila masyarakat Sidoarjo meminta saya dengan serius, saya akan betul-betul menjaga amanah ini dunia akhirat,” katanya kepada wartawan.

Dia menyanggah pernah melakuakn zinah dengan salah satu anggota DPR, Yahya Zaini. “Dulu saya dengan Pak Yahya betul-betul nikah siri. Kalau tidak percaya, tanya sendiri sama beliau, karena Kiai yang menikahkan kami Insya Allah masih hidup sampai sekarang,” katanya.

Dia juga berkukuh agar tidak perlu mengorek masalah pribadinya. “Tidak perlu dipertanyakan lebih detail, menyangkut urusan pribadi, karena tidak ada urusan dengan pekerjaan maupun organisasi. Semua orang pasti punya masa lalu, masalahnya belum terungkap,” katanya.(net/bbs/sof/oki/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: